Radikal Bebas Dan Antioksidan Untuk Kulit Yang Sehat

Kulit manusia membutuhkan nutrisi untuk berkembang. Ini dapat diperoleh dari diet sehat dan melalui suplementasi multivitamin . Tidak ada keraguan bahwa kesejahteraan Anda, termasuk kesehatan kulit, dapat ditingkatkan dengan makan makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian , kacang-kacangan dan ikan. Penggunaan suplemen (misalnya vitamin A) juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa diet kaya buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, yoghurt , telur, minyak sayur, biji-bijian, teh dan air menghasilkan lebih sedikit penuaan dan Manfaat Kapsida kerutan kulit daripada diet yang meliputi daging merah , susu, mentega, manis produk dan kentang. Untuk lebih menghargai peran diet dalam menjaga kesehatan kulit, pemahaman dasar tentang bagaimana radikal bebas menghancurkan sel-sel kita dan bagaimana antioksidan bekerja untuk melindungi terhadap kerusakan sel akan berguna.

Radikal Bebas Dan Antioksidan Untuk Kulit Yang Sehat

Radikal bebas adalah atom atau molekul dengan elektron aneh (tidak berpasangan) yang biasanya sangat reaktif . Radikal bebas dihasilkan di dalam tubuh kita selama metabolisme normal . Mereka juga dapat dibuat oleh sistem kekebalan tubuh Anda dalam upaya untuk melawan virus dan bakteri . Terkadang, faktor lingkungan seperti polusi, radiasi , asap rokok dan herbisida juga dapat memicu pembentukan radikal bebas.

Efek merusak dari radikal bebas terakumulasi ketika seseorang bertambah tua. Radikal bebas dapat terbentuk ketika oksigen berinteraksi dengan molekul tertentu. Seiring bertambahnya usia kulit, komponen utamanya teroksidasi karena terpapar molekul oksigen radikal bebas. Molekul-molekul oksigen ini telah kehilangan elektron dari proses metabolisme alami, dan terus mencari sel-sel tubuh yang lebih lemah untuk mengambil salah satu elektron mereka. Setelah sel yang sehat kehilangan elektron, ia menjadi lemah. Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan DNA yang luas dari waktu ke waktu, menyebabkan sel-sel mati dan organisme menjadi tua.

Antioksidan adalah bahan kimia yang melindungi sel dengan menetralkan efek faktor seperti matahari, polusi, angin, suhu, emosi, metabolisme dan kelebihan oksigen. Antioksidan umum adalah vitamin A, C , E , dan beta karoten. Fungsi khusus antioksidan adalah melindungi sel-sel Anda dengan melawan radikal bebas. Mereka menelan sel radikal bebas, sehingga menangkal serangan mereka dan menghilangkan mereka dari tubuh.

Antioksidan memperkuat sel dan membuatnya lebih tahan terhadap serangan radikal bebas pada elektron mereka. Mereka melindungi sel kolagen dan elastin dari kehancuran, dan juga membantu mencegah kerusakan sel dan jaringan yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit. Antioksidan menetralisir efek radikal bebas dengan menyumbangkan salah satu elektron mereka sendiri, dengan demikian membatasi perilaku mencari elektron radikal bebas. Mereka tidak menjadi radikal bebas sebagai akibat dari menyumbangkan elektron karena kestabilannya.

Kerusakan seluler yang disebabkan oleh radikal bebas membuat sel-sel lebih rentan terhadap serangan dari bakteri dan faktor-faktor lain yang memicu proses penuaan. Efisiensi yang berkaitan dengan tubuh dengan radikal bebas adalah faktor penting dalam menentukan umur panjang dan kesehatan sel-sel tubuh.

Leave a Reply